Sabtu, 15 Juni 2013

SEJARAH BATALYON ZENI TEMPUR 8 / SAKTI MANDRA GUNA



Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandra Guna atau disingkat Yon Zipur 8/SMG adalah satuan setingkat batalyon yang menjadi bagian dari Direktorat Zeni Angkatan Darat.
Sejarah 
Batalyon Zeni Tempur 8 merupakan wujud dari perkembangan Batalyon Zenipionir TT VII/Wirabuana, yang dibentuk pada 21 April 1950, berkedudukan di Makassar, pada awalnya satuan ini berkekuatan empat kompi, dua kompi dari Jawa Timur, satu dari Jawa Tengah dan satu kompi dari bekas anggota-anggota KNIL yang diserahkan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS).
Dalam perkembangan selanjutnya, Batalyon Zeni Tempur TT VII/Wirabuana dipindahkan ke Jakarta dan diubah namanya menjadi Yon Zeni pionir A, sesuai Surat Keputusan Kasad Nomor: Kpts-579/7/1959, tanggal 31 Juli 1959. Kemudian berubah lagi menjadi Yon Zipur A, sesuai Radiogram Kasad Nomor: TR-564/1962, tanggal 2 April 1962. Nama Batalyon Zeni Tempur A diubah lagi menjadi Batalyon Zeni Tempur 8/Gajah. Berdasarkan Surat Keputusan Dirziad Nomor: Kep-10/I/1996, tanggal 27 Januari 1996, terhitung mulai 1 Januari 1996 Batalyon Zeni Tempur 8/Gajah diresmikan menjadi organik Kodam XIV/Hasanuddin yang berkedudukan di Makassar.
Berdasarkan Surat Keputusan Pangdam XIV/Hasanuddin Nomor: Skep/2/1/1967, tanggal 12 Januari 1967 tentang Tabel Organisasi Batalyon Zeni Tempur 8 (R), masuk kategori ringan. Hari jadi Batalyon Zeni Tempur 8 Kodam XIV/Hasanuddin, ditetapkan pada 1 Januari 1966 dengan Danyon I, Mayor Czi Mardoyo.
Dalam perjalanan sejarahnya, satuan ini telah mengalami beberapa kali penggantian nama dan pindah lokasi. Nama Batalyon Zeni Tempur 8/Gajah kemudian berubah menjadi Batalyon Zeni Tempur 8/SMG yang bermarkas di Jalan Rajawali, Makassar. Sedangkan kompi lapangannya, yakni Kompi A, B, dan C berdudukan di Sangkeang, Maros. Batalyon Zeni Tempur 8/SMG sebagai Satuan Bantuan Tempur, telah berkali-kali di terjunkan dalam kegiatan operasi, baik operasi tempur maupun operasi bakti atau TMMD sebagai bentuk partisipasi dalam menunjang Pembangunan Nasional.
Batalyon Zeni Tempur 8/SMG memiliki kemampuan yang handal dari segi personil dan peralatan dalam mendukung tugas pokok Kodam VII/Wirabuana. Dengan kemampuan yang dimiliki sekarang, Batalyon Zeni Tempur 8/SMG mampu menyelesaikan tugas-tugas operasi, baik operasi tempur, teritorial maupun operasi perdamaian yang dilaksanakan di dalam maupun di luar negeri. Dalam kegiatan operasi teritorial, Batalyon Zeni Tempur 8 berkemampuan secara teknis untuk membuatkan jalan dan jembatan. Operasi perdamaian pernah diikuti adalah Kontingen Garuda VII di Vietnam dan Kontingen Garuda XIV di Bosnia Herzegovina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar